APA ITU TEKNOLOGI : Sejarah, Perkembangan & Manfaat

Teknologi adalah berbagai keperluan serta sarana berbentuk aneka macam peralatan atau sistem yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi manusia.

Teknologi berasal dari kata technologia (bahasa Yunani) yaitu techno yang artinya ‘keahlian’ dan logia yang artinya ‘pengetahuan’. Pada awalnya makna teknologi terbatas pada benda- benda berwujud seperti peralatan- peralatan atau mesin.

Seiring berjalannya waktu makna teknologi mengalami banyak perkembangan. tidak terbatas hanya pada benda berwujud, melainkan juga benda tak berwujud. seperi perangkat lunak, sektor industri, sector pendidikan, sektor pertanian dan lain sebagainya.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

  • Teknologi adalah pengembangan dan penerapan berbagai peralatan atau sistem untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi manusia dalam kehidupan sehari- hari. (M Maryono).
  • Penggunaan kata teknologi dasarnya mengacu pada ilmu yang meneliti bagaimana bekerja di bidang teknik, serta mengacu juga pada ilmu yang digunakan di pabrik-pabrik atau industri. (Poerbahawadja Harahap).
  • Teknologi adalah kumpulan alat, aturan dan prosedur adalah penerapan pengetahuan ilmiah untuk pekerjaan tertentu dalam kondisi yang dapat memungkinkan pengulangan. (Manuel Castells).
  • Teknologi adalah suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, di mana produk yang tidak terpisah dari produk lain yang sudah ada. Hal itu juga menyatakan bahwa teknologi merupakan bagian integral dari yang terkandung dalam sistem tertentu. (Miarso)
  • Pengertian teknologi sebagai bidang yang berkaitan erat dengan ilmu pengetahuan dan ilmu teknik atau rekayasa. Pada dasarnya dapat disimpulkan bahwa teknologi dapat dikatakan memiliki dua dimensi, yaitu dimensi teknik dan ilmu pengetahuan dimensi. (Djoyohadikusumo)

Teknologi adalah suatu alat, mesin, cara, proses, kegiatan ataupun gagasan yang dibuat untuk mempermudah aktifitas manusia dalam kehidupan sehari hari.

Manusia tentu tidak akan lepas dari peran teknologi, di era millenial kini semua sektor ada kaitannya teknologi tersebut. Mulai dari sektor industri, transportasi, pendidikan, property, komunikasi dan lain sebagainya.

Kini teknologi tak hanya terbatas pada smartphone, laptop, pesawat, kereta, bahkan sampai pada peralatan rumah tangga seperti Ricecooker, Blender, freezeer Dll.

Sejarah teknologi

Perkembangan teknologi adalah perubahan sistematis yang terjadi terhadap teknologi. Ribuan tahun silam teknologi sudah menjadi bagian dari seluruh kegiatan manusia, dengan berkembangnya daya pikir yang ada pada manusia mampu mempengaruhi perkembangan teknologi dari zaman batu hingga era abad 21 kini.

Di masa pra sejarah, Manusia sudah mengenal teknologi, namun alat yang digunakan masa itu mayoritas terbuat dari batu, perunggu dan besi. Contoh teknologi yang terkenal pada zamannya adalah baterai bagdad, kapak genggam dan bejana perunggu. Seiring perkembangan zaman, Teknologi mengalami baanyak kemajuan disemua sektor dan mengarah ke kontruksi, maritim, pertanian dan alat- alat tulis. Manusia sudah mengenal bagaimana membangun sebuah kontruksi bangunan sampai pada tahap rumit. Contohnya Piramid, Kapal, Mercusuar dan jam matahari. Di abad pertengahan manusia mulai mengembangkan teknologi hingga banyak penemuan di zamannya. Hal ini ditandai dengan adanya penempuan seperti di bidang astronomi, kesehatan, pendidikan, pertahanan hingga ilmu kartografi. Contohnya busur silang, mesin cetak, aljabar dan navigasi kapal. Pada zaman revolusi industri perkembangan teknologi mulai terlihat semakin jelas. Berbagai jenis mesin berhasil dibuat yang untuk menggantikan peran tenaga manusia. Pada zaman ini merupakan cikal bakal perkembangan teknologi di masa kini. Contohnya Mobil generasi awal, pesawat, bom atom, telepon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *